Blogger Demak

Blog ini dibuat untuk E-Learning, Edukasi, Bisnis dan Hiburan

Kamus Bitcoin Terlengkap

Kamus Bitcoin Terlengkap

Kamus Bitcoin Terlengkap

51% Attack 
51% Attack adalah keadaan dimana terdapat setengah tenaga komputasi di suatu jaringan cryptocurrency yang dikendalikan oleh satu kelompok penambang. Secara teori,  kondisi ini akan memberikan kendali atas jaringan kepada kelompok tersebut, termasuk kemampuan untuk mengeluarkan transaksi yang bertentangan dengan milik orang lain. Menghentikan transaksi orang lain agar tidak dikonfirmasi. Membelanjakan coin yang sama berulang kali, dan mencegah penambang lain untuk menambang blok-blok yang sudah valid. Itulah arti dari istilah 51% Attack dalam dunia Bitcoin.

AltCoins
Altcoins adalah singkatan dari Alternative Coins yang merupakan sebutan untuk cryptocurrency atau mata uang digital yang beredar di dunia selain Bitcoin. AltCoins biasanya menggunakan teknologi peer-to-peer yang serupa dengan Bitcoin namun memiliki beberapa karakterisitik yang berbeda dalam usahanya untuk bersaing dan mencoba lebih unggul daripada Bitcoin. Saat ini sudah ada ratusan AltCoins yang diperdagangkan di berbagai pasar cryptocurrency, termasuk: Ethereum, Dogecoin, Litecoin dan Ripple.

Analisis Fundamental
Analisis Fundamental adalah salah satu dari dua teknik analisis yang digunakan oleh para trader untuk memprediksi pergerakan harga cryptocurrency. Trader yang menggunakan metode fundamental akan mempelajari semua informasi finansial terkait cryptocurrency dan teknologi dibelakangnya untuk mengetahui dan memprediksi masa depan coin tersebut. Mereka akan memperhatikan berita terbaru, nilai intrinsik, pendapat para ahli, karakteristik coin, kualitas dan prospek teknologi yang dimiliki, dll

Analisis Teknikal
Analisis Teknikal adalah salah satu dari dua teknik analisis yang digunakan oleh para trader untuk memprediksi pergerakan harga cryptocurrency. Berbeda dengan trader yang memprediksi harga cryptocurrency secara fundamental, trader yang menggunakan analisis teknikal tidak peduli dengan nilai, kualitas atau karakteristik suatu coin, melainkan dengan pergerakan harganya di pasar. Para ‘Technicians’ mempelajari supply dan demand di pasar untuk mengetahui kemana harga akan bergerak. Mereka akan menganalisa statistik dan grafik yang menggambarkan aktivitas pasar seperti harga dan volume, dengan pemikiran bahwa pergerakan harga di masa lalu cenderung akan terulang kembali di masa depan.

Arbitrase
Arbitrase adalah praktik dan strategi mencari keuntungan dengan cara memanfaatkan perbedaan harga pasar Bitcoin. Harga satu Bitcoin bisa berbeda-beda tergantung pada tingkat permintaan dan penawaran para pembeli dan penjual di suatu pasar Bitcoin (Bitcoin Exchange). Contohnya, bila di pasar China, seperti BTCC.com, tingkat permintaan terhadap Bitcoin lebih tinggi daripada di bursa Bitcoin Indonesia Bitcoin.co.id, maka harga Bitcoin di China akan lebih mahal. Trader Bitcoin bisa memanfaatkan selisih harga ini untuk memperoleh profit dengan cara membeli Bitcoin di Bitcoin.co.id lalu menjualnya di BTCC.com.

Bitcoin
Bitcoin adalah mata uang digital pertama dan terkuat di dunia dengan nilai mencapai jutaan Rupiah per coinnya. Bitcoin dapat disimpan di dalam tablet, smartphone atau PC, dan ditransaksikan di berbagai negara di dunia dengan biaya pengiriman uang yang nyaris gratis, kemanapun dan kapanpun yang Anda inginkan tanpa bantuan pihak ketiga. Bitcoin muncul sebagai mata uang dengan performa terbaik di dunia pada tahun 2010, 2011, 2012, 2013 dan 2015 bila dibandingkan dengan USD.

Bitcoin address atau alamat Bitcoin
Alamat Bitcoin, atau Public Address, atau Bitcoin address adalah alamat yang digunakan untuk menerima pembayaran Bitcoin. Seperti nomor rekening bank, alamat Bitcoin dapat diberikan ke orang lain ketika bertransaksi dan Bitcoin akan terkirim ke alamat tersebut. Seorang pengguna dapat menciptakan ribuan alamat Bitcoin berbeda di dalam dompet Bitcoinnya secara gratis. Alamat Bitcoin kerap digunakan oleh lembaga donasi untuk menerima sumbangan Bitcoin dari penggunanya hanya dengan cara memasang QR Code di websitenya.

Bitcoin ATM
Bitcoin ATM adalah sebutan untuk mesin yang bisa digunakan untuk membeli dan menjual Bitcoin. Beberapa mesin ATM Bitcoin membutuhkan ID pengguna untuk bertransaksi sesuai dengan regulasi yang berlaku di negaranya. Dengan mesin ini, pengguna yang bermodalkan Bitcoin dan dompet Bitcoin di smartphonenya dapat menjual/membeli Bitcoin tanpa perlu memiliki akun di sebuah bursa Bitcoin. Sudah ada ratusan Bitcoin ATM di dunia,  dan lokasinya dapat dilihat di coinatmradar.com.

Bitcoin Boulevard
Bitcoin Boulevard adalah sebutan khusus untuk daerah yang memiliki merchant-merchant yang menerima pembayaran langsung dalam bentuk Bitcoin. Biasanya merchant-merchant ini berada di satu jalan atau komplek yang sama, sehingga warga sekitar dapat berbelanja di toko souvenir, berjalan-jalan ke museum atau tempat-tempat wisata yang menarik, dan makan di restoran/cafe terdekat dengan Bitcoin. Bitcoin Boulevard biasanya disponsori dan diwujudkan oleh komunitas Bitcoin lokal yang berdomisili di daerah tersebut.

Bitcoin Checker
Bitcoin Checker adalah nama sebuah aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk secara otomatis melihat dan mengawasi pergerakan harga Bitcoin di seluruh market di dunia. Pengguna dapat memasang berapa persen pergerakan harga yang ingin mereka ketahui untuk mendapatkan notifikasi berupa alarm agar tidak terlambat dalam membeli maupun menjual Bitcoin. Aplikasi ini juga memiliki widget yang memudahkan pengguna untuk mengamati pergerakan harga Bitcoin di Indonesia tanpa harus membuka aplikasinya.

Bitcoin Evangelist
Bitcoin Evangelist adalah sebutan bagi orang-orang yang aktif menyebarkan informasi tentang Bitcoin dan mengedukasi masyarakat tentang kehebatan cryptocurrency dan teknologi Blockchain yang menjalankannya. Bitcoin Evangelist aktif terlibat dalam project-project komunitas, seminar dan kelas Bitcoin di berbagai dunia. Mereka mempromosikan Bitcoin karena dibayar, namun karena mereka merasa sistem keuangan yang ditawarkan Bitcoin memiliki kelebihan yang jauh lebih unggul dari sistem yang ada saat ini. Contoh Bitcoin Evangelist ternama: Roger Ver & Andreas Antonopoulos.

Bitcoin Exchange
Bitcoin Exchange adalah sebutan untuk pasar online dimana masyarakat dunia dapat memperjualbelikan Bitcoin dengan mata uang lokal seperti USD, EUR, JPY, termasuk Rupiah. Kini sudah ada ratusan Bitcoin Exchange yang tersebar di berbagai belahan dunia, termasuk di negara-negara Afrika dan Timur Tengah. Contoh Bitcoin Exchange terbesar di dunia: Coinbase (USD), Bitstamp (EUR), BTCC (CNY), Bitcoin.co.id (Rupiah).

Bitcoin Giveaway
Bitcoin Giveaway, Demi memperkenalkan Bitcoin ke masyarakat dunia, para pengguna Bitcoin termasuk perusahaan-perusahaan Cryptocurrency di dunia terkadang mengadakan event-event khusus yang membagikan Bitcoin gratis kepada pesertanya. Biasanya Bitcoin yang dibagikan tidak dalam jumlah besar, namun ada juga pihak yang memberikan hadiah hingga 20 BTC dalam eventnya, contohnya  acara Miami Bitcoin Hackathon. Terdapat banyak sekali acara Bitcoin Giveaway di internet yang bisa diikuti oleh siapapun dengan persyaratan yang sangat mudah, contohnya di ForumBitcoin.co.id.

Bitcoin Halving Day
Bitcoin Halving Day adalah hari dimana suplai Bitcoin yang diciptakan oleh sistem berkurang hingga 50%. Bitcoin Halving Day pertama kali terjadi pada bulan November 2012 dimana sistem yang awalnya menciptakan 50 Bitcoin setiap 10 menit, menurun menjadi 25 Bitcoin per 10 menit. Bitcoin Halving Day terjadi setiap 4 tahun seklai, dan perayaan Halving Day berikutnya akan jatuh pada tanggal 9 Juli 2016 dan diprediksi dapat berpengaruh pada pergerakan harga Bitcoin di seluruh dunia.

Bitcoin Merchant
Bitcoin Merchant adalah sebutan bagi toko, perusahaan, atau tempat-tempat usaha yang menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin untuk penjualan produk atau jasanya. Berhubung Bitcoin semakin populer dan mulai digunakan di berbagai negara, Bitcoin Merchant mulai bermunculan dan produk dan jasa yang ditawarkan begitu beragam. Saat ini, seorang pengguna Bitcoin dapat membeli mobil, rumah, tiket pesawat dan hotel, hingga satelit pribadi menggunakan Bitcoin. Lokasi Bitcoin Merchant dapat dilihat di Coinmap.org.

Bitcoin-QT
Bitcoin-QT adalah wallet Bitcoin original dengan fungsi yang sangat lengkap dan keamanan yang sangat baik apabila pengguna tidak keberatan dengan sizenya yang sangat besar dan lamanya waktu sinkronisasi dengan jaringan Bitcoin setiap kali akan digunakan. Wallet ini dapat didownload secara gratis namun setelah diinstall, wallet akan otomatis mendownload seluruh database jaringan Bitcoin (Blockchain) yang besar datanya bisa mencapai puluhan gigabyte. Inilah alasan mengapa Wallet Bitcoin-QT jarang direkomendasikan untuk orang awam.

Bitcoin Ticker Widget
Bitcoin Ticker Widget adalah aplikasi mobile yang menyajikan berbagai fasilitas alarm dan monitoring harga Bitcoin di berbagai market dengan tambahan feature menarik seperti: Portofolio Tracker, Bitcoin News, dan Kalkulator Bitcoin. Bitcoin Ticker Widget ini mempunyai feature yang jauh lebih lengkap dibandingkan Bitcoin Checker tetapi memiliki tampilan yang lebih complicated. Sebagaimana namanya, aplikasi ini memiliki widget yang memudahkan pengguna untuk mengamati harga tanpa harus terus membuka aplikasi.

Bitcoin Vending Machine
Bitcoin Vending Machine adalah sebutan untuk mesin yang dibuat khusus demi membantu pengguna membeli Bitcoin dengan mudah menggunakan uang kertas. Tidak seperti Bitcoin ATM, mesin ini tidak bisa mencairkan Bitcoin  ke mata uang kertas. Pengguna hanya bisa membeli Bitcoin, namun bagusnya mereka tidak perlu membuat akun khusus di bursa tertentu. Mereka hanya perlu memiliki sebuah dompet Bitcoin yang dapat didownload dan diinstal secara gratis di smartphonenya. Contoh Bitcoin Vending Machine: Lamassu.is

Bitcoin Wallet, atau dompet Bitcoin
Bitcoin Wallet, atau dompet Bitcoin, bisa berupa aplikasi mobile atau akun online yang digunakan untuk menyimpan dan mengirimkan Bitcoin. Setiap wallet memiliki Private Key yang perlu dirahasiakan dari publik, dan Public Address yang dapat disebar untuk menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin. Wallet yang terinstal di smartphone dapat dengan mudah diamankan sehingga bila smartphone itu hilang atau terhapus aplikasinya, si pengguna tetap bisa mengakses Bitcoinnya. Lihat contoh Bitcoin Wallet di https://Bitcoin.org/id/pilih-dompet-anda.

Bitcoin Whitepaper
Bitcoin Whitepaper adalah nama dokumen yang ditulis oleh Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin dan Teknologi Blockchain, pada tahun 2008. Dokumen ini menjabarkan tentang protokol Bitcoin secara mendetail beserta kegunaannya. Bitcoin Whitepaper di post di Cryptography Mailing List, dan diupdate kembali oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 dengan kode-kode Bitcoin.

Bitislands Project
Bitislands Project adalah sebuah proyek sosial yang dilakukan oleh komunitas Bitcoin di Indonesia, khususnya mereka yang berada di Pulau Bali. Proyek ini bertujuan untuk mempopulerkan Bitcoin ke masyarakat Indonesia, sekaligus menjadikan Bali sebagai pulau Bitcoin pertama di dunia. Turis mancanegara dapat berwisata ke Pulau Bali hanya dengan membawa smartphone dengan Bitcoin didalamnya, dan mereka bisa membayar penginapan, restoran, transportasi dan merchandise, semua dengan Bitcoin yang berbasis pada mata uang Rupiah. Info lebih lanjut: Bitislands.com.

Bitlicense
Bitlicense adalah lisensi bisnis yang dikeluarkan khusus untuk perusahaan yang menawarkan produk/jasa dalam bidang mata uang virtual. Bitlicense dikeluarkan oleh New York State Department of Financial Services dan diberlakukan sejak 8 Agustus 2015 di New York, Amerika Serikat. Coinbase, Gemini dan Ripple adalah contoh perusahaan yang memperdagangkan atau mentransaksikan mata uang digital dibawah naungan hukum Bitlicense.

Bitshares
Bitshares adalah sebuah alternate coin yang memiliki teknologi desentralisasi yang sama dengan Bitcoin dan marketcapnya telah mencapai 165 milyar Rupiah (per Juli 2016). Bitshares, dengan mata uangnya yang dikenal dengan BitAssets, menawarkan cara baru untuk menyimpan aset yang dimiliki pengguna, entah itu berupa emas, Bitcoin, US Dollar, Euro ataupun Chinese Yuan dalam bentuk digital. Seperti Bitcoin, asalkan pengguna memiliki smartphone dan koneksi internet, mereka dapat bertransaksi dengan menggunakan jaringan Bitshares.

Bitstamp
Bitstamp adalah nama sebuah bursa/exchange Bitcoin yang bermarkas di London, United Kingdom. Bitstamp kini juga sudah mengembangkan sayapnya ke Luxembourg dan New York. Exchange yang berdiri pada tahun 2011 ini menyediakan layanan berupa trading platform BTC-USD dan BTC-EUR kepada para penggunanya. Meskipun pernah mengalami kasus hack pada tanggal 5 Januari 2015, Bitstamp tetap termasuk ke dalam daftar lima Bitcoin Exchange terbesar di dunia, sekaligus menjadi bursa Bitcoin pertama di dunia yang memiliki lisensi penuh dari pemerintah untuk melayani transaksi jual-beli Bitcoin.

Block Explorer
Block Explorer adalah situs-situs yang menyediakan jasa pencarian transaksi Bitcoin yang terjadi secara live dan real time di dunia. Seorang pengguna dapat memasukkan alamat wallet Bitcoin seseorang di dalam situs Block Explorer seperti Blockchain.info, Blockcypher.com atau Blockr.io, dan ia akan bisa melihat seluruh transaksi yang dilakukan oleh orang tersebut, lengkap dengan detail jumlah Bitcoin dan waktu transaksi. Hal ini mungkin untuk dilakukan karena transaksi Bitcoin bersifat transparan, namun pseudonymous dimana alamat wallet dapat terlihat tapi nama pemiliknya tidak tercantum.

Block Reward
Block Reward adalah hadiah yang diberikan kepada penambang yang telah berhasil melakukan hash terhadap suatu blok transaksi. Ketika blok Bitcoin pertama kali tercipta tahun 2009, blok tersebut memberikan hadiah sebesar 50 BTC dan begitu juga dengan blok-blok berikutnya. Hadiah yang muncul dari tiap blok ini akan dipotong menjadi setengahnya setiap kali blok dalam jumlah tertentu telah berhasil ditambang. Dalam kasus Bitcoin, ambang batas jumlah bloknya adalah setiap 210.000 blok dan hal ini terjadi setiap 4 tahun sekali.

Blockchain
Blockchain adalah teknologi peer-to-peer yang berada dibelakang Bitcoin. Blockchain merupakan jaringan blok yang menyimpan data transaksi yang telah terenkripsi dalam jaringan terdistribusi. Teknologi ini memungkinkan user untuk menyimpan data digital dengan aman dan otentik tanpa bisa diubah oleh orang lain. Blockchain pada awalnya muncul bersamaan dengan Bitcoin, namun belakangan ini ditemukan banyak kegunaan dari teknologi ini diluar mata uang digital itu sendiri. Blockchain mulai diaplikasikan penggunaannya oleh perusahaan  kelas dunia seperti Microsoft, Citibank, Visa dan Walt Disney.

Blok Bitcoin
Blok Bitcoin adalah kumpulan data transaksi yang menjadi elemen dasar cryptocurrency seperti Bitcoin. Saat transaksi Bitcoin terjadi, informasi terkait transaksi tersebut dikumpulkan dan ketika data mencapai ukuran yang telah ditentukan, data-data itu digabung dengan transaksi Bitcoin lainnya lalu dirangkai menjadi sebuah blok. Blok akan diproses oleh para miner dan diverifikasi kebenarannya. Ketika transaksi sudah masuk ke dalam suatu blok dan berhasil diverifikasi, itulah saat dimana transaksi Bitcoin memperoleh satu konfirmasi.

CGMiner
CGMiner adalah nama sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menambang Bitcoin sebagai gabungan dari ASIC dan FPGA Bitcoin Miner yang ditulis dalam bahasa C. CGMiner dapat digunakan oleh seluruh pengguna Bitcoin di berbagai operating sistem seperti Windows, Linux dan bahkan OSX (Mac). Software ini dibuat berdasarkan pengembangan dari software CPUMiner dan dilengkapi dengan fasilitas untuk memonitor proses mining Bitcoin.

Coinbase
Coinbase adalah nama sebuah bursa/exchange Bitcoin yang bermarkas di San Fransisco, Amerika Serikat. Coinbase muncul sebagai salah satu Bitcoin Exchange terbesar di dunia yang memperdagangkan Bitcoin dengan dolar AS. Exchange yang berdiri pada bulan Juni 2012 ini juga beroperasi sebagai penyedia dompet Bitcoin. Pada bulan Juli 2016, Coinbase telah memiliki lebih dari 4,2 juta pengguna, dan terdapat 8,9 juta wallet Coinbase yang digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Coinbase juga menyediakan sistem pembayaran untuk para merchant yang ingin dibayar dengan Bitcoin.

Coinmarketcap.com
Coinmarketcap.com adalah sebuah situs lengkap dan up-to-date yang menunjukkan pergerakan harga seluruh Cryptocurrency yang ada di dunia. Pada bulan Agustus 2016, sudah  ada lebih dari 690 Cryptocurrency yang terdaftar di situs ini. Hingga sekarang, Bitcoin masih menduduki posisi pertama sebagai Cryptocurrency dengan market cap terbesar  di dunia. Situs ini juga dapat digunakan untuk membandingkan kurs sebuah Cryptocurrency di berbagai Bitcoin Exchange di dunia yang memperdagangkannya.

Cold Storage
Cold Storage adalah tempat penyimpanan Bitcoin yang dilakukan secara offline. Hal ini dilakukan oleh pengguna Bitcoin dengan alasan untuk memastikan Bitcoin yang disimpan tidak dapat dicuri oleh orang lain melalui jaringan internet. Penerapan Cold Storage biasanya dilakukan melalui paper wallet dan hardware wallet. Solusi ini dapat dijadikan sebagai cara yang lebih aman untuk menyimpan Bitcoin daripada sekedar menggunakan eWallet yang rentan terhadap hacker.

Counterparty
Counterparty adalah sebuah platform Smart Contract yang dibangun di atas teknologi Blockchain. Seperti Ethereum, platform Counterparty memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah aplikasi atau kontrak yang akan selalu tersimpan di dalam Blockchain. Namun berbeda dengan Ethereum yang memiliki Blockchain sendiri, Counterparty memanfaatkan Blockchain Bitcoin. Untuk menjalankan kontrak pada Counterparty dibutuhkan token XCP yang diciptakan melalui proses Proof of Burn.

Cryptography
Cryptography adalah cabang ilmu matematika yang memungkinkan kita membuat bukti transaksi dalam bentuk perhitungan matematika dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Perusahaan e-commerce dan lembaga perbankan sudah menggunakan Cryptography. Dalam kasus Bitcoin, Cryptography diaplikasikan pada sistem sehingga mustahil bagi seseorang untuk menghabiskan uang dari dompet pengguna yang lain atau merusak rantai blok dalam jaringan Blockchain. Cryptography juga dapat digunakan untuk mengenkripsi  dompet Bitcoin, sehingga tidak akan bisa digunakan tanpa password.

Cut Loss
Cut Loss dalam dunia trading Bitcoin adalah situasi dimana  trader terpaksa menjual Bitcoinnya di harga  yang lebih rendah dibandingkan harga beli karena harga Bitcoin tiba-tiba turun drastis. Tindakan Cut Loss dilakukan ketika market belum memiliki indikasi kenaikan untuk menghindari risiko kerugian yang lebih besar atau berkepanjangan. Mereka rela menjual Bitcoin dan mengalami sedikit kerugian, dengan harapan bisa mendapatkan untung yang lebih banyak dengan cara membeli Bitcoin di harga yang jauh lebih rendah.

DASH
DASH, yang sebelumnya dikenal dengan nama Darkcoin, adalah bentuk altcoin yang termasuk dalam peringkat 10 besar mata uang digital dengan market cap terbesar di dunia. Cryptocurrency yang diciptakan oleh Evan Duffield dan Kyle Haga pada awal Januari 2014 ini menawarkan tingkat privasi yang lebih tinggi daripada Bitcoin dengan adanya jaringan desentralisasi baru bernama Masternodes. DASH memiliki fitur DarkSend yang menggabungkan setiap transaksi dengan dua transaksi lain yang ada di public ledger sehingga menjadi sangat sulit untuk dilacak. Fitur DarkSend dapat dinonaktifkan jika pengguna tidak menginginkannya.

Deposit
deposit merujuk pada proses menambahkan atau memasukkan (top up) saldo Bitcoin atau mata uang lokal (contoh USD, EUR, Rupiah) ke dalam akun pengguna di situs suatu perusahaan. Proses deposit biasanya dilakukan ketika seseorang ingin membeli/menjual Bitcoin di sebuah Bitcoin Exchange atau berinvestasi Bitcoin di situs-situs Cloud Mining atau  HYIP. Proses deposit Bitcoin kerap membutuhkan 1-6 konfirmasi hingga saldo Bitcoin yang didepositkan muncul di akun pengguna. Hal ini dilakukan untuk menghindari Double Spending.

Difficulty Rate
Difficulty Rate adalah Angka yang menentukan seberapa sulit untuk melakukan hash pada sebuah blok. Difficulty rate bervariasi berdasarkan jumlah daya komputasi yang digunakan oleh para Miner di jaringan Bitcoin. Jika Miner dalam jumlah besar meninggalkan jaringan, maka angka difficulty akan menurun. Namun sejauh ini, dengan meningkatnya popularitas Bitcoin, jumlah miner semakin banyak sehingga tingkat difficulty semakin meningkat. Semakin banyak penambang, semakin sulit bagi mereka untuk melakukan hashing sehingga kompetisi dalam menambang Bitcoin semakin ketat.

Dogecoin
Dogecoin adalah coin yang bermula dari sebuah “joke” belaka, namun kini muncul sebagai salah satu cryptocurrency terpopuler di dunia. Icon dan nama Doge diambil dari joke meme yang terdapat di internet mengenai seekor anjing Shiba Inu. Kepopulerannya menginspirasi Dogecoin untuk diluncurkan pada tahun 2013 dan kini coin ini sudah banyak ditradingkan di berbagai exchange di dunia. Nilai Dogecoin jauh lebih kecil dibandingkan Bitcoin dan proses transfer antar wallet berjalan lebih cepat bila dibandingkan dengan Bitcoin.

Double Spending
Double Spending adalah sebutan untuk kasus dimana wallet A yang hanya memiliki saldo 1 BTC mencoba mengirimkan 1 BTC ke wallet B dan wallet C pada saat yang bersamaan. Sebelum transaksi dikonfirmasi oleh miner, hal ini memungkinkan untuk terjadi tetapi pada proses konfirmasi, miner akan mengambil waktu transaksi (timestamp) yang pertama sebagai transkasi yang valid dan yang kedua dianggap sebagai double spending. Transaksi double spending ini akan dikategorikan sebagai tidak valid dan akan dibatalkan.

Ethereum
Ethereum adalah nama sebuah jenis Cryptocurrency yang juga bergerak di atas teknologi peer-to-peer seperti halnya Bitcoin. Platform desentralisasi yang dimiliki Ethereum diciptakan khusus untuk digunakan sebagai tempat menyimpan, menyebarkan, dan menjelaskan smart contacts. Melalui platform Ethereum, para developer dapat menciptakan berbagai bentuk pasar baru, menyimpan data-data penting seperti perjanjian kerjasama, hutang, akta perusahaan, dll, serta mengirimkan uang kemanapun dan kapanpun yang mereka mau tanpa harus bergantung pada pihak ketiga.

Ethereum Classic
Ethereum Classic, Demi mengembalikan 12 juta ETH yang dikuras habis dari DAO oleh  hacker berkat ketidakamanan protokolnya, Ethereum melakukan hard fork. Meskipun berhasil, perdebatan hard fork jaringan Ethereum ini berujung pada peristiwa Splitting dimana jaringan Ethereum terbagi menjadi dua yaitu, ETH (Ethereum) dan ETC (Ethereum Classic) yang dikembangkan untuk mempertahankan jaringan Ethereum agar tetap sama seperti ketika kasus hard fork belum terjadi. Siapapun yang memiliki ETH pada saat hard fork terjadi, maka dia juga akan memiliki ETC dengan jumlah yang sama.

Faucet
Faucet adalah sebutan untuk situs-situs yang memberikan Bitcoin gratis kepada penggunanya tiap kali mereka berhasil memenuhi persyaratan tertentu, seperti: menonton iklan, menjawab survey, memainkan game, dll. Faucet kerap digunakan oleh para pengguna Bitcoin untuk mengumpulkan Bitcoin meskipun dalam jumlah kecil karena mereka tidak perlu mengeluarkan modal apapun untuk berpartisipasi. Informasi lebih lanjut mengenai faucet, dapat dilihat di ForumBitcoin.co.id.

FPGA (Field Programmable Gate Array)
FPGA (Field Programmable Gate Array) adalah sebuah sirkuit terpadu yang dirancang untuk dikonfigurasi oleh seorang programmer untuk menjalankan fungsi-fungsi khusus yang ia ciptakan. FPGA dapat berfungsi seperti kertas kosong yang bisa digunakan oleh para programmer untuk menulis instruksi-instruksi baru. Berkat fungsinya dan  karena FPGA dapat diproduksi dalam jumlah besar, produsen mendapatkan keuntungan dari sisi skala ekonomi, menjadikan FPGA lebih murah daripada chip ASIC. Namun, biasanya FPGA jauh lebih lambat dibandingkan dengan ASIC.

Genesis Block
Genesis Block adalah blok pertama di dalam rantaian blok (Blockchain) Bitcoin. Di dalam versi modern, Genesis Block dianggap sebagai blok nomor 0, sedangkan di dalam versi sebelumnya, Genesis Block diberi nama blok ke-1. Blok ini berbeda dengan blok-blok yang lain karena tidak merujuk pada blok sebelumnya berhubung blok ini adalah blok yang tercipta pertama kali. 50 Bitcoin yang tercipta dari blok ini masuk ke dalam wallet dengan alamat: 1A1zP1eP5QGefi2DMPTfTL5SLmv7DivfNa. Per bulan Juli 2016, sudah ada lebih dari 420,000 blok yang tercipta.

Graphical Processing Unit (GPU)
GPU, atau Graphical Processing Unit, adalah sebuah chip silikon hasil rancangan khusus untuk menyelesaikan perhitungan matematika kompleks yang diperlukan untuk membuat jutaan poligon dalam permainan grafis komputer modern. GPU ini sangat cocok untuk menyelesaikan perhitungan kriptografi yang dibutuhkan dalam penambangan cryptocurrency.

Hard Fork
Hard Fork adalah sebutan untuk peristiwa yang terjadi ketika tim pengembang suatu cryptocurrency setuju untuk mengaplikasikan fitur/perubahan baru ke sistem programming coin tersebut. Biasanya hal ini dilakukan untuk mengamankan jaringan cryptocurrency atau beradaptasi dengan jumlah pengguna coin yang semakin besar. Hard Fork bisa menyebabkan adanya ketidakcocokan antara versi lama dan versi baru, sehingga semua pengguna cryptocurrency perlu memperbarui semua aplikasi yang terkait dengan coin ini supaya bisa tetap bertranskasi dengan baik.

Hardware Wallet
Hardware Wallet adalah sebuah alat penyimpan Bitcoin yang menggunakan media digital seperti flash disk, dimana didalamnya hanya memuat data Public dan Private Key dompet Bitcoin pengguna. Hardware Wallet memiliki fungsi yang hampir sama seperti halnya sebuah Paper Wallet. Beberapa perusahaan seperti Butterflylabs berusaha melangkah lebih jauh dengan membuat hardware khusus untuk dompet Bitcoin yang sangat aman dan terhindar dari bahaya virus, serta tahan banting dan tahan air.

Hash Rate
Hash Rate adalah alat ukur dari processing power yang dimiliki oleh jaringan Bitcoin. Jaringan Bitcoin selalu menjalankan perhitungan matematika untuk menjalankan dan mengamankan setiap transaksi yang terjadi dan tingkat daya yang dikerahkannya dapat dilihat dari Hash Ratenya. Ketika jaringan mencapai Hash Rate sebesar 10 Th/s, maka jaringan tersebut bisa melakukan 10 trilyun kalkulasi berbeda per detiknya untuk memproses transaksi Bitcoin.

HYIP
HYIP, singkatan dari High-Yield Investment Program, adalah salah satu bentuk skema ponzi yang juga merupakan bentuk penipuan investasi. Situs-situs HYIP menjanjikan profit yang besar kepada membernya dengan cara membayar investor-investor sebelumnya menggunakan uang para investor baru. Biasanya situs-situs HYIP dijalankan oleh perusahaan tidak bernama yang berada di luar negeri sehingga sulit untuk dilacak. Kini terdapat banyak situs HYIP yang juga menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran sehingga pengguna perlu hati-hati dalam menginvestasikan Bitcoinnya ke perusahaan tersebut.

Hyperledger Project
Hyperledger Project adalah nama dari sebuah project dimana berbagai perusahaan dan lembaga perbankan bergabung untuk mempelajari cara kerja Blockchain dan mengaplikasikannya ke sistem perbankan internal demi mentransformasi cara kerja perbankan ke arah yang lebih aman, cepat dan efisien. Saat ini ada puluhan perusahaan raksasa di dunia yang tergabung dalam project ini, seperti: Citibank, HSBC, UBS, Commonwealth Bank, Bank of America, Barclays dan Morgan Stanley. Masih ada 2,300 perusahaan lainnya yang sedang melamar untuk terlibat dalam project ini.

Irreversible
Irreversible adalah sebutan di dalam dunia Bitcoin, dalam arti transaksi tidak dapat dibatalkan bila sudah diserahkan. Ketika Bitcoin sudah dipindahtangankan ke orang lain, Bitcoin tidak akan bisa diambil kembali kecuali bila memang pihak penerima setuju untuk mengembalikan Bitcoinnya. Sifat Bitcoin ini dapat membantu pihak merchant yang kerap dirugikan oleh pelanggannya dengan adanya fitur ‘chargeback’ yang disediakan oleh sistem pembayaran mereka.

Konfirmasi Bitcoin
Konfirmasi Bitcoin, Transaksi Bitcoin biasanya terjadi dalam beberapa detik dan dikonfirmasi dalam 10 menit berikutnya. Selama transaksi belum dikonfirmasi, sebuah transaksi yang dianggap otentik tetap dapat dibatalkan. Pengguna yang tidak jujur bisa berusaha  curang di saat-saat ini. Proses konfirmasi dapat dipercepat dengan cara menambah miner fee ketika mengirimkan Bitcoin. Semakin banyak konfirmasi yang didapatkan oleh suatu transaksi, maka semakin kecil pula risiko pembatalan transaksi. Proses konfirmasi ini dilakukan oleh para penambang yang tersebar di seluruh dunia.

KYC-Know Your Customer
KYC, singkatan dari Know Your Customer,  adalah prinsip yang diterapkan untuk mengetahui latar belakang dan identitas nasabah atau konsumen pemakai jasa perusahaan tersebut. Hal ini biasanya dilakukan untuk mentaati regulasi mengenai transaksi finansial yang berlaku di negara tempat perusahaan tersebut beroperasi, sekaligus juga untuk mencegah terjadinya kasus pencucian uang (Anti Money Laundering/AML). Perusahaan yang menerapkan KYC biasanya akan meminta scan kartu ID pengguna mereka beserta data-data lain untuk memverifikasi kebenaran  identitas penggunanya.

Limit Order atau Spot Market
Limit Order, atau bisa juga disebut sebagai Spot Market
Limit Order, atau bisa juga disebut sebagai Spot Market, adalah proses beli atau jual mata uang digital dengan harga yang ditentukan oleh pengguna itu sendiri, dalam arti tidak menggunakan harga jual/beli yang tertera di dalam  Order Book namun menjadi seorang Market Maker. Trader yang melakukan jual-beli Bitcoin menggunakan metode ini biasanya akan dikenakan biaya transaksi/fee yang lebih rendah, dan bisa memperdagangkan Bitcoin di harga yang diinginkannya, namun terkadang harus menunggu beberapa saat sampai ordernya tereksekusi.

Litecoin
Litecoin adalah cryptocurrency yang merupakan versi sederhana dari Bitcoin sebagaimana namanya. Saat ini, Litecoin termasuk ke dalam peringkat lima besar cryptocurrency terpopuler di dunia. Litecoin memiliki jarak antar blok yang lebih pendek yaitu hanya 2,5 menit (Bitcoin: 10 menit), yang berarti tingkat kemampuan transaksinya berjalan lebih cepat daripada Bitcoin. Penggunaan algorithmnya pun berbeda dimana Litecoin menggunakan scrypt, sedangkan Bitcoin menggunakan SHA2.

Market Instant
Market Instant adalah proses beli atau jual cryptocurrency secara kilat/instan menggunakan harga terbaik dari Order Book, dalam arti menjadi seorang Market Taker.  Trader yang melakukan jual-beli Bitcoin menggunakan metode ini biasanya akan dikenakan biaya transaksi/fee yang lebih tinggi, dan mendapatkan harga yang lebih buruk dibandingkan ketika mereka menjadi Market Taker. Namun keuntungan metode ini adalah mereka dapat memiliki atau melepas Bitcoinnya tanpa perlu menunggu ordernya tereksekusi dan hal ini biasanya sangat membantu ketika tingkat fluktuitas harga cryptocurrency sedang tinggi.

Market Maker
Market Maker adalah sebutan untuk orang yang membeli/menjual Bitcoin dengan menggunakan harga sendiri. Bila di sebuah Bitcoin Exchange, harga Bitcoin saat ini Rp 5.000.000/BTC dan orang tersebut memasang order mereka akan menjadi seorang ‘Market Maker’ karena telah menciptakan harga sendiri dan turut mengantri di dalam Order Book. Proses pembelian/penjualan Bitcoin baru akan tereksekusi ketika harga pasar menyentuh harga order yang ia pasang.

Market Taker
Market Taker adalah sebutan bagi orang-orang yang membeli atau menjual Bitcoin dengan menggunakan harga yang sudah tertera di dalam Order Book. Keuntungan menjadi market taker adalah mereka bisa menjual/membeli Bitcoin secara instan, tanpa harus menunggu order mereka tereksekusi karena sudah langsung menggunakan harga yang dibuat oleh para market maker. Para Taker rela membayar fee tambahan selama mereka bisa mendapatkan/melepas Bitcoinnya secepat mungkin.

mBTC
mBTC adalah singkatan dari milliBitcoin, yang merupakan satuan yang lebih kecil dari Bitcoin. Unit terbesar dari Bitcoin dikenal dengan BTC dan 1 BTC dapat dipecah hingga 8 angka desimal. 1 mBTC = 0.001 BTC. MilliBitcoinjuga kadang ditulis dengan istilah mbit / millibit / bitmill. Unit terkecil dari Bitcoin dikenal dengan sebutan Sat atau Satoshi. 1 Satoshi = 0.00000001 BTC. Dengan satuan seperti ini, Bitcoin menjadi mudah ditransaksikan dalam jumlah kecil.

Miner Dinosaurus
Miner Dinosaurus adalah sebutan bagi orang-orang yang telah menambang Bitcoin di tahun 2009-2011. Saat itu, Bitcoin masih relatif mudah untuk ditambang menggunakan komputer biasa baik dengan CPU mining maupun GPU mining. Miner Dinosaurus yang tidak pernah menjual Bitcoinnya biasanya mempunyai stok ribuan hingga puluhan ribu Bitcoin. Mereka adalah kelompok pengguna Bitcoin pertama di dunia, sekaligus penambang yang membayar 10,000 BTC untuk 2 kotak pizza karena Bitcoin hanya bernilai beberapa cent dollar.

Miner Fee
Miner Fee adalah biaya yang perlu dibayar seorang pengguna ketika mengirimkan Bitcoin. Transaksi Bitcoin yang dilakukan di jaringan Blockchain memiliki biaya transaksi (miner fee) standar sebesar 0,0001 BTC (± Rp 500). Miner fee digunakan untuk memberi insentif kepada para miner untuk memproses transaksi, karena makin besar ukuran transkasi maka makin besar juga waktu dan energi (listrik) yang dikerahkan untuk memprosesnya. Transaksi dengan miner fee yang lebih tinggi berpotensi untuk diproses lebih cepat. Sebaliknya, transkasi dengan miner fee yang rendah atau tanpa biaya akan diproses lebih lambat atau bahkan berpotensi untuk ditolak oleh jaringan Bitcoin dalam waktu 1-7 hari.

Miner Pool
Miner Pool adalah sebutan bagi sekumpulan pekerja yang bekerjasama dalam mengerjakan penambangan Bitcoin untuk melakukan mining bersama. Setiap 10 menit, ada sejumlah Bitcoin yang bisa ditambang dan dibayarkan pada pihak yang melakukan mining. Ketika seseorang melakukan solo mining, peluang mereka untuk mendapatkan Bitcoin tersebut sangat kecil dan cenderung direbut oleh miner lain. Pada saat melakukan mining melalui mining pool, orang tersebut bisa mendapatkan hasil yang lebih kecil tetapi lebih sering karena pekerjaan dibagi sama rata.

Mining
Mining adalah istilah untuk proses penambangan Bitcoin. Bitcoin diciptakan dengan proses yang disebut “mining”, dan mereka yang melakukan proses mining ini dikenal sebagai miner. Para miner menggunakan komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks demi menemukan blok baru Bitcoin. Hadiahnya, si penemu akan mendapatkan sejumlah BTC dari sistem. Siapapun dapat menjadi seorang miner selama ia memiliki sebuah komputer canggih yang dapat dinyalakan non-stop selama 24 jam per hari untuk menjalankan program mining.

Mt Gox
Mt Gox adalah nama Bitcoin Exchange terbesar di dunia yang sempat bermarkas di Tokyo. Dalam waktu 3 tahun saja, Mt Gox berhasil mengontrol kurang lebih 90% dari seluruh jumlah transaksi Bitcoin yang terjadi di dunia. Mt Gox berakhir tragis ketika sistem perusahaan diretas dan mereka kehilangan 750,000 BTC milik penggunanya. Kebangkrutan Mt Gox berdampak besar pada pergerakan harga Bitcoin dimana harga Bitcoin menurun drastis hingga lebih dari 60% dalam beberapa waktu saja.

MultiBit
MultiBit adalah sebuah wallet Bitcoin yang sangat ringan untuk digunakan dan lebih berfokus pada kecepatan dan kemudahan dalam pemakaian. Sinkronisasi jaringan MultiBit dilakukan dalam hitungan menit. Bagi pengguna yang merasa lebih nyaman dan aman menggunakan wallet Bitcoin yang dapat diinstal dalam komputer pribadi, wallet ini merupakan pilihan yang baik karena ringan dan mudah digunakan. Software wallet dapat didownload secara gratis di multibit.org.

Namecoin
Namecoin adalah nama sebuah cryptocurrency yang berjalan diatas jaringan peer-to-peer seperti Bitcoin. Selain sebagai e-currency, Namecoin memiliki suatu fungsi di dunia IT yaitu untuk mengatur data transfer informasi dan bertindak sebagai Domain Name System untuk domain .bit. Secara mudahnya, Namecoin dapat dianggap sebagai versi peer-to-peer dari ICANN. Nama domain akan terdaftar dengan biaya hanya sebesar 0,01 Namecoin dan data pemilik akan disimpan didalam blockchain. Transaksi baru akan terjadi saat domain ditransfer kepada user lain. Selain fungsi ini, Namecoin memiliki fungsi yang sama persis dengan Bitcoin.

NXT
NXT adalah nama sebuah Cryptocurrency yang termasuk ke dalam daftar 10 besar mata uang digital dengan market cap terbesar di dunia. Seperti halnya Bitcoin, NXT  memiliki teknologi terdesentralisasi yang memudahkan penggunanya untuk mengirim uang kemanapun  dengan mudah dan cepat, tanpa menghabiskan biaya yang besar. Berbeda dengan Bitcoin, NXT memiliki platform unik dimana penggunanya dapat membangun aplikasinya sendiri di atas teknologi Blockchain NXT. Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu mendownload dan menginstall softwarenya saja.

Order Book
Order Book adalah daftar harga jual dan harga beli yang tersedia di pasar saat ini, dan seseorang dapat membeli dan menjual Bitcoin menggunakan harga yang tertera disana. Order Book biasanya terbagi menjadi dua bagian yaitu Market Beli (Bid) dan Market Jual (Ask). Order Book Market Beli adalah daftar Bitcoin dan harga yang ditawarkan. Sedangkan order book Market Jual merupakan daftar Bitcoin yang dijual, lengkap dengan jumlah Bitcoin dan harga yang diminta.

Orphan Block
Orphan Block adalah sebutan untuk blok  yang berhasil diciptakan namun tidak masuk ke dalam rangkaian Blockchain yang valid. Orphan Block merupakan blok-blok yang diproses pada jaringan Blockchain yang terbuang karena terjadi kasus  Fork di dalam teknologi yang menjalankan cryptocurrency tersebut. Dampaknya, transaksi-transaksi yang terdapat di dalam Orphan Block tidak akan muncul atau terdeteksi di jaringan Blockchain yang valid.

Panic Buy
Panic Buy adalah situasi dimana harga cryptocurrency naik secara drastis dalam waktu yang singkat. Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya “Panic Buy” tidak dapat selalu diprediksi, namun biasanya terjadi seketika di seluruh dunia. Ketika harga naik secara drastis, akan ada semakin banyak trader yang terpengaruh dengan situasi ini dan turut membeli cryptocurrency tersebut, sehingga harga semakin naik sampai menyentuh titik dimana trader sudah jenuh membeli dan mulai mengambil profit dengan cara menjualnya di harga yang tinggi.

Panic Sell
Panic Sell adalah situasi dimana harga cryptocurrency turun secara drastis dalam waktu yang singkat. Meski penyebabnya tidak bisa diprediksi, situasi Panic Sell menimbulkan ‘Domino Effect’ dimana harga cryptocurrency di seluruh dunia akan turun di saat yang bersamaan dalam jumlah yang besar. Ketika harga turun secara drastis, akan ada semakin banyak trader yang terpengaruh dengan situasi ini dan turut menjual cryptocurrency tersebut, sehingga harga semakin anjlok sampai menyentuh titik dimana trader mulai membeli cryptocurrency tersebut di harga yang rendah.

Paper Wallet
Paper Wallet adalah sebuah dompet berbentuk kertas yang bisa digunakan oleh seseorang untuk menyimpan Bitcoin mereka secara sederhana namun bisa disimpan secara offline sehingga cenderung lebih aman. Paper Wallet menurunkan kemungkinan Bitcoin seseorang untuk dicuri oleh hacker atau dirusak virus komputer. Paper Wallet dilakukan dengan mencetak public address dan private key dari akun Bitcoin pengguna pada sebuah kertas, yang biasanya disertai QR Code agar proses import kembali ke wallet digital dapat berjalan dengan mudah. Contoh situs penyedia Paper Wallet: BitAddress.org atau BitcoinPaperWallet.com.

Payout
Payout dalam dunia Bitcoin dapat diartikan sebagai pembayaran yang dilakukan sebuah situs Cloud Mining, HYIP, Faucet/Paid to Click ke dalam akun atau wallet Bitcoin pengguna. Ketika seorang pengguna menginvestasikan Bitcoinnya di suatu perusahaan HYIP atau Cloud Mining, mereka akan mendapatkan pembayaran dalam waktu yang dijanjikan dan inilah yang dikenal sebagai waktu Payout. Payout biasanya dilakukan dalam bentuk Bitcoin, yang akan secara otomatis masuk ke dalam wallet Bitcoin pengguna.

Peer-to-Peer
Peer-to-Peer, atau P2P, merupakan sebuah sistem yang anggotanya dapat berinteraksi langsung antara satu sama lain. Sistem P2P yang digunakan Bitcoin membuat semua individual didalamnya memiliki kedudukan yang sama dan tidak perlu bergantung pada pihak ketiga dalam bertransaksi karena bisa berinteraksi secara langsung antara satu user dengan user yang lain. Sistem ini tidak memiliki satu server terpusat dan tidak dikontrol oleh satu individu/grup atau perusahaan, melainkan diatur oleh suara mayoritas dari seluruh pengguna yang ada di dalamnya.

Peercoin
Peercoin adalah nama cryptocurrency yang berjalan di atas jaringan peer-to-peer seperti Bitcoin. Namun tidak seperti Bitcoin yang hanya bisa ditambang menggunakan prinsip “Proof of Work”, altcoin bernama Peercoin ini bisa juga ditambang menggunakan prinsip “ Proof of Stake”. Peercoin, yang biasa disingkat PPC, dirancang berdasarkan prinsip inflasi satu persen, dengan tujuan untuk menjaga kestabilan dan prospek jangka panjang. Inilah yang menyebabkan tidak adanya batas maksimum jumlah Peercoin yang bisa ditambang.

Untuk berlangganan Artikel Terbaru, ketik alamat emailmu dibawah ini :

Artikel Dari Qomar Alkhustomy

Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top